MODUL AJAR KIMIA INDUSTRI - PJBL (1) OTK

 

MODUL AJAR

ELEMEN :

OPERASI TEKNIK KIMIA

CAPAIAN PEMBELAJARAN :

Pada akhir fase F, peserta didik mampu memahami konsep unit dan peralatan

operasi teknik kimia,Aplikasi fluida statis, aliran fluida,Transportasi fluida, dan pencampuran fluida, Peserta didik memahami konsep aplikasi transfer panas, aplikasi transfer massa, operasi yang melibatkan padatan, dan pemisahan mekanik.

 

 

PROGRAM KEAHLIAN :

TEKNIK KIMIA INDUSTRI

 

Fase F

 

TAHUN PELAJARAN :

2023/2024

 

 

NAMA PENYUSUN :

ERNI FITRIANI, S.T.




MODUL AJAR

 

 

Satuan Pendidikan

 

: SMK Negeri 1 Panyingkiran

Bidang Keahlian

 

: Teknologi Manufactur dan Rekayasa

Kompetensi Keahlian/Fase

 

: Teknik Kimia Industri/F

Nama Penyusun

 

: Erni Fitriani, S.T.

 

 

 

 

A.   Tujuan Pembelajaran Fase F (Elemen 5)

Memahami proses mixing (pencampuran)

 

B.   Kata Kunci:

Pencampuran, mixing, agitator, mixer, pengadukan, batang pengaduk, magnetic stirrer.

 

C.   Prasyarat

  Untuk mempelajari materi ini adalah: Sudah menguasai macam-macam campuran, prinsip kerja & peralatan mixing.

 

D.   Dimensi Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan:

Bernalar kritis, inisiatif dan Kerjasama.

 

E.   Sarana dan Prasarana

1.    Laboratorium Operasi Teknik Kimia

2.    Wastafel dan drainase

3.    Meja Praktik

4.    Kelangkapan alat pelindung Diri (masker,sarung tangan,dan jas labor).

5.    Peralatan mixing *(skala lab) :

    1. Beaker glass 2000 ml
    2. Magnetic stirrer
    3. Thermometer
    4. Batang pengaduk
    5. Spatula
    6. Mixer Agitator / batang pengaduk bermesin
    7. Corong
    8. Gelas ukur
    9. Neraca analitik
    10. Botol semprot
    11. Botol kemasan + label merek
    12. Kaca arloji
    13. pH universal
    14. pipet tetes

 

6.    Zat kimia *(Pembuatan Karbol Wangi) :

    1. Arpus / gumrosin
    2. Tylose
    3. NaOH
    4. Citronella Oil
    5. Pine Oil
    6. Surfactan
    7. Aquadest

 

F.    Target Siswa

Kegiatan belajar dapat diikuti oleh siswa regular (bukan berkebutuhan khusus)

 

G.   Kegiatan pembelajaran Utama

Ø  Ekplorasi konsep melalui modul praktikum, video dan artikel

Ø  Preparation : penimbangan & pengukuran zat kimia / bahan kimia yang akan digunakan.

Ø  Praktik Pengoperasian Peralatan mixing

Ø  Melaporkan hasil praktik dalam bentuk jurnal praktikum, presentasi produk hasil praktikum, dan berlatih menjadi sales engineer *(bidang kimia).

Ø  Refleks Hasil praktik dengan metode 4 C

 

H.   Asesmen

Ø  Asemen individu dalam bentu  (Tes tertulis dan lisan)

Ø  Asesmen individu dalam bentuk non tes (Kinerja)

 

I.       Model Pembelajaran

Ø  Model Pembelajaran : Project Based Learning (PjBL)

Ø  Pendekatan : Scientifik Learning dan TPACK

Ø  Strategi : Pembelajaran Kontekstual

Ø  Metode : Pengamatan, percobaan, tanya jawab, diskusi, penugasan, presentasi

 

J.      Memetakan kebutuhan belajar siswa

Ø  Melakukan pemetaan profil belajar siswa

Ø  Memetakan  kesiapan belajar siswa

Ø  Memetakan minat belajar siswa

Ø  Mernacang kegaiatan belajar

 

Guru

Siswa

Pembelajaran berdasar hasil pemetaan

Berbasis konten

·         Memberikan pertanyaan pemantik terkait materi yang akan dibahas.

·         Memberikan gambar peralatan mixing di pabrik / industri kimia.

Siswa menawab pertanyaan sepanjang yang mereka ketahui.

·    Bagi siswa/i sudah memilki pengetahuan 50 % langsung melaksanakan praktik

·    Bagi siswa yang kesiapan belajarnya baru di bawah 50% ,maka dielaborasi melaui video,jurnal,dan referensi

Berbasis proses

·         Menayangkan video

·         Meminta siswa untuk memberikan tanggapan terhadap video yang ditonton

·         Mempersilahkan siswa untuk membaca modul praktikum

·         Refleksi dan evaluasi

·         Menyaksikan video & menganalisis

·         Siswa secara bergantian memberikan pernyataan

·         Mengerjakan refleksi

Berbasis projek

·         Memberikan tugas agar melaksanakan praktik mixing / pencampuran dengan membuat produk karbol wangi

·         Melaporkan hasil praktik

·         Melaksanakan pengoperasian peralatan mixing

·         Melaporkan hasil praktik

 

 


Comments

Popular posts from this blog

mengapa banyak orang pintar tapi miskin?

QCDSME-Tools

Review Gaga mie 100 goreng jalapeño level 5