MODUL AJAR KIMIA INDUSTRI - PJBL (1) OTK
MODUL AJAR
ELEMEN :
OPERASI TEKNIK KIMIA
CAPAIAN PEMBELAJARAN :
Pada akhir fase F, peserta didik mampu memahami konsep
unit dan peralatan
operasi teknik kimia,Aplikasi fluida statis, aliran
fluida,Transportasi fluida, dan pencampuran fluida, Peserta didik memahami
konsep aplikasi transfer panas, aplikasi transfer massa, operasi yang
melibatkan padatan, dan pemisahan mekanik.
PROGRAM KEAHLIAN :
TEKNIK KIMIA INDUSTRI
Fase F
TAHUN PELAJARAN :
2023/2024
NAMA PENYUSUN :
ERNI FITRIANI, S.T.
MODUL AJAR
Satuan Pendidikan |
|
: SMK Negeri 1 Panyingkiran |
Bidang Keahlian |
|
: Teknologi Manufactur dan Rekayasa |
Kompetensi Keahlian/Fase |
|
: Teknik Kimia Industri/F |
Nama Penyusun |
|
: Erni Fitriani, S.T. |
|
|
|
A.
Tujuan Pembelajaran Fase F (Elemen 5)
Memahami proses mixing (pencampuran)
B.
Kata Kunci:
Pencampuran, mixing, agitator, mixer, pengadukan,
batang pengaduk, magnetic stirrer.
C.
Prasyarat
Untuk mempelajari materi ini
adalah: Sudah menguasai macam-macam campuran, prinsip kerja & peralatan mixing.
D.
Dimensi Profil Pelajar Pancasila yang dikembangkan:
Bernalar kritis, inisiatif dan Kerjasama.
E.
Sarana dan Prasarana
1. Laboratorium Operasi Teknik Kimia
2. Wastafel dan drainase
3. Meja Praktik
4. Kelangkapan alat pelindung Diri (masker,sarung tangan,dan jas labor).
5. Peralatan mixing *(skala lab) :
- Beaker
glass 2000 ml
- Magnetic
stirrer
- Thermometer
- Batang pengaduk
- Spatula
- Mixer
Agitator / batang pengaduk
bermesin
- Corong
- Gelas ukur
- Neraca analitik
- Botol semprot
- Botol kemasan + label
merek
- Kaca arloji
- pH universal
- pipet tetes
6. Zat kimia *(Pembuatan Karbol Wangi) :
- Arpus / gumrosin
- Tylose
- NaOH
- Citronella
Oil
- Pine Oil
- Surfactan
- Aquadest
F.
Target Siswa
Kegiatan belajar dapat diikuti oleh siswa
regular (bukan berkebutuhan khusus)
G.
Kegiatan pembelajaran Utama
Ø Ekplorasi konsep melalui modul praktikum, video dan artikel
Ø Preparation : penimbangan & pengukuran zat kimia / bahan kimia yang
akan digunakan.
Ø Praktik Pengoperasian Peralatan mixing
Ø Melaporkan hasil praktik dalam bentuk jurnal praktikum, presentasi
produk hasil praktikum, dan berlatih menjadi sales engineer *(bidang kimia).
Ø Refleks Hasil praktik dengan metode 4 C
H.
Asesmen
Ø Asemen individu dalam bentu (Tes
tertulis dan lisan)
Ø Asesmen individu dalam bentuk non tes (Kinerja)
I.
Model Pembelajaran
Ø Model
Pembelajaran : Project Based Learning (PjBL)
Ø Pendekatan
: Scientifik Learning dan TPACK
Ø Strategi
: Pembelajaran Kontekstual
Ø Metode
: Pengamatan, percobaan, tanya jawab, diskusi, penugasan, presentasi
J.
Memetakan kebutuhan belajar siswa
Ø Melakukan pemetaan profil belajar siswa
Ø Memetakan kesiapan belajar siswa
Ø Memetakan minat belajar siswa
Ø Mernacang kegaiatan belajar
Guru |
Siswa |
Pembelajaran berdasar hasil pemetaan |
|
Berbasis
konten |
·
Memberikan
pertanyaan pemantik terkait materi yang akan dibahas. ·
Memberikan
gambar peralatan mixing di pabrik / industri kimia. |
Siswa
menawab pertanyaan sepanjang yang mereka ketahui. |
·
Bagi siswa/i
sudah memilki pengetahuan 50 % langsung melaksanakan praktik ·
Bagi siswa
yang kesiapan belajarnya baru di bawah 50% ,maka dielaborasi melaui
video,jurnal,dan referensi |
Berbasis
proses |
·
Menayangkan
video ·
Meminta
siswa untuk memberikan tanggapan terhadap video yang ditonton ·
Mempersilahkan
siswa untuk membaca modul praktikum ·
Refleksi dan
evaluasi |
·
Menyaksikan
video & menganalisis ·
Siswa secara
bergantian memberikan pernyataan ·
Mengerjakan
refleksi |
|
Berbasis projek |
·
Memberikan
tugas agar melaksanakan praktik mixing / pencampuran dengan membuat
produk karbol wangi ·
Melaporkan
hasil praktik |
·
Melaksanakan
pengoperasian peralatan mixing ·
Melaporkan
hasil praktik |
|
Comments
Post a Comment